Komunitas SweetTrash ID Ajak Warga Ubah Sampah Menjadi Berkah

Sampah memang masih menjadi masalah besar di Indonesia. Apakah kamu tahu, berapa produksi sampah di Indonesia tiap tahunnya? Direktur Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun (Dirjen PSLB3), Tuti Hendrawati Mintarsih mengatakan bahwa ada sekitar 65 juta ton sampah per harinya yang diproduksi masyarakat Indonesia pada tahun 2016.

Jumlah tersebut naik satu ton dibandingkan produksi 2015 sekitar 64 juta ton sampah per hari. Maka dibutuhkan cara-cara untuk mengatasi masalah sampah agar tidak menjadi semakin besar. Beberapa cara mulai diterapkan baik di kota besar maupun di desa terpencil. Selain itu, campur tangan generasi muda juga sangat penting dalam hal pengelolaan sampah.

Berawal dari masalah sampah yang semakin kompleks dan tingginya tingkat kepedulian terhadap sesama yang kurang mampu, sembilan orang pemuda menggagas sebuah komunitas dengan konsep mewadahi orang-orang yang ingin bersedekah sampah yang kemudian akan disulap menjadi sesuatu hal bahagia untuk menciptakan senyuman manis orang-orang yang kurang beruntung. Lalu, pada 20 Oktober 2016 dibentuklah SweetTrash ID.

SweetTrash ID merupakan komunitas anak-anak muda yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan. Komunitas ini berjalan atas dasar kesamaan niat, tujuan dan harapan yang besar untuk bisa terus membantu sesama melalui hal kecil, yaitu sampah.

SUMBER