Blog

Kelola Sampah, Pemkot Ini Kerjasama dengan Jepang

kelola-sampah-pemkot-ini-kerjasama-dengan-jepang

kelola-sampah-pemkot-ini-kerjasama-dengan-jepang

Dalam waktu dekat, sistem pengelolaan sampah di Kota Depok, Jawa Barat bakal menggunakan alat canggih dan tambahan sumber daya manusia (SDM) di 438 bank sampah. Ini merupakan bagian dari program Sister City antara Osaki (Jepang) dengan Depok (Indonesia).

Pengadaan sistem pengelolaan sampah, rencananya akan difasilitasi alat-alat canggih yang dimiliki Kota Osaki melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Hal tersebut dibenarkan Walikota Depok Mohammad Idris usai menjamu Walikota Osaki Jepang Yasuhiro Higashi di Balaikota.

“Untuk alat, kita nggak beli. Nanti akan dipinjamkan. Dari sisi teknologinya memang diakui oleh Jepang. Alatnya canggih-canggih,” tutur Mohammad Idris, Jumat (27/1/17) lalu.

Mohammad Idris menambahkan, bisnis plan rencananya akan berlangsung selama tiga tahun. Nantinya ada delegasi SDM dari Kota Depok yang melakukan kunjungan kerja ke Kota Osaki. Fungsinya untuk memberi pendampingan bagi pengelola bank-bank sampah.

“Sumber dana delegasi juga difasilitasi oleh JICA. Untuk alat, setelah tiga tahun berjalan dan terlihat hasilnya, maka mesin dan alat-alat lainnya akan kita ambil alih,” terangnya.

Mohammad Idris melanjutkan, nantinya sampah non-organik berbahan plastik akan dicacah di sebuah pabrik dan akan menjadi pastik lagi. Begitu pun dengan sampah-sampah lainnya. Namun, sebelum kerjasama berlangsung jauh, Pemkot Depok meminta kajian terkait teknis operasionalnya dari recycle center dari sisi pengurangan sampah.

“Program pengelolaan sampah dikatakan akan mengurangi volume sampah yang masuk sebanyak 10-50 ton setiap harinya, tapi kan ini masih jauh dengan produksi sampah yang dihasilkan Kota Depok. Ini bukan program segala-galanya, tapi hanya untuk mengakomodir bank-bank sampah yang ada agar mereka bisa menggeliat dengan baik, tidak mati suri dan semangat melanjutkan penyelenggaraan bank sampah. Untuk itu recycle center perlu dibangun di Kota Depok,” jelasnya.

Pemasalahan sampah di Kota Depok sudah menjadi hal yang kompleks dan perlu penanganan yang serius. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan, persoalan sampah bisa diatasi lebih maksimal.

“Ini merupakan bentuk perhatian yang diberikan Pemkot Depok kepada mereka, bagaimana mereka bisa melakukan pengolahan sampah secara optimal,” pungkasnya.

Sumber


 

MESIN PENCACAH SAMPAH ORGANIK

Kapasitas : 

50 kg – 1200 kg bahan baku / jam

Spesifikasi : 

  • Merk : Aneka Mesin
  • Material  tabung : Plat besi
  • Material rangka : Besi UNP
  • Material pisau : Baja dikeraskan
  • Jumlah pisau : disesuaikan dengan kapasitas kerja mesin
  • Penggerak : Diesel atau Motor listrik

INFO MESIN SELENGKAPNYA