Seputar Sampah

Pangeran Lingkungan 2019 Buat Inovasi Pupuk dari Sampah Popok Bekas

Muhammad Izaz Khoirullah Alkhalid, siswa SMPN 23 Surabaya, bersama empat orang guru IPA-nya membuat inovasi menarik. Yaitu membuat pupuk dari sampah popok bekas.

Izaz mengatakan gel popok bekas pakai, bisa membuat tanah menjadi lembab sehingga mengurangi intensitas penyiraman air pada tanaman.

Tanaman juga menjadi lebih subur, karena bakteri amonia pada popok bisa membantu pertumbuhan pada tanaman. Siswa kelas 8 itu bercerita, proses mengubah popok jadi pupuk ini membutuhkan waktu satu bulan.

Baca juga :  Mesin Pengemas Kopi

“Caranya popok bekas pakai dicuci bersih lalu disemprot dengan air. Lalu dikeringkan sedikit agar berubah menjadi gel. Kemudian gel tersebut diambil dan dicampur dengan pupuk kompos, serta didiamkan selama sebulan hingga akhirnya bisa dipakai,” jelasnya kepada Tribunjatim.com Selasa (12/2/2019).

Muhammad Izaz Khoirullah Alkhalid mengatakan penelitiannya itu berlangsung sejak awal tahun 2018. Dalam setahun terakhir, Izaz mengaku sudah memproduksi 150 kilogram pupuk.

100 kilogram pupuk diantaranya sudah terjual dengan harga Rp 10 ribu per 5 kilogram. Para pembeli produk pupuk Izaz kebanyakan para orang tua murid di SMPN 23 Surabaya.

SUMBER