Uncategorized

Sampah Plastik dari Kanal Amsterdam Kini Berdaya Guna

Solusi terbaik untuk mengurangi polusi plastik tentunya dengan dengan tidak menggunakan plastik itu sama sekali. Akan tetapi kebutuhan manusia akan plastik masih belum bisa dihindari sampai saat ini. Demi menjaga lingkungan yang bebas dari polusi plastik dibutuhkan setidaknya kesadaran untuk tidak membuang sampah plastik secara sembarangan dan yang terpenting bagaimana plastik itu dapat diolah secara berkelanjutan.

Di perairan Amsterdam, sampah plastik juga menjadi salah satu masalah utama pencemaran lingkungan. Keindahan kota ini mulai memudar ketika sampah plastik mulai mencemari kanal-kanal atau terusan yang ada di kota tersebut. Melihat kondisi tersebut, perusahaan bernama Plastic Whale tergerak untuk mengolah sampah plastik yang tersebar di kanal kota menjadi sesuatu yang berguna.

Foto: plasticwhale.com

Menurut situs resminya, Plastic Whale merupakan sebuah perusahaan pengolah sampah plastik profesional pertama di dunia. Perusahaan yang didirikan sejak 2011 ini memiliki cara yang unik dalam mengumpulkan sampah plastik yang tersebar di kanal kota. Dalam kegiatannya, Plastic Whale mengajak para pemancing dan memfasilitasinya dengan sebuah kapal yang terbuat dari sampah plastik.

“Misi kami adalah menciptakan nilai ekonomi dari limbah plastik, melibatkan sebanyak mungkin orang,” ujar Marius Smit, pendiri Plastic Whale.

SUMBER