Blog

Cara Mudah Menggunakan Mesin Pencacah Rumput

mesin-pencacah-kompos

Mesin pencacah rumput merupakan salah satu mesin pengolah sampah organik yang berfungsi untuk mencacah sampah organik, seperti rumput, limbah sayur, limbah buah-buahan, daun, dan sampah organik lainnya. Fungsi mesin perajang sampah ini tidak hanya untuk kebutuhan pembuatan kompos. Mesin penghancur sampah organik ini, sering juga digunakan oleh peternak untuk merajang rumput bahan pakan ternak. Sehingga sebagian orang sering menyebutnya mesin cacah rumput atau mesin chopper. Mesin chopper ini sering digunakan oleh bagi pelaku usaha pembuatan kompos, petani, peternak atau pengolah sampah.

Penggunaan mesin dengan cara yang benar dan sesuai prosedur merupakan mutlak dilakukan oleh pengguna mesin. Untuk menjaga agar mesin pencacah rumput berfungsi dengan baik dan optimal. Penggunaan peralatan yang tidak sesuai dengan prosedur dapat berakibat fatal bahkan menimbulkan kerusakan pada mesin. Selain masalah keamanan dalam penggunaan mesin, menggunakan peralatan sesuai prosedur dapat menjaga agar umur ekonomis peralatan sesuai standar yang ditetapkan produsen.

Pada ulasan mesin kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara mudah menggunakan mesin pencacah kompos. Mesin pencacah sampah organik ini sebenarnya sangat mudah dioperasikan dan tidak membutuhkan kualifikasi tertentu untuk operator yang menjalankan mesin. Berikut cara menggunakan mesin pencacah kompos :

  1. Siapkan bahan baku kompos yang akan dicacah. Pastikan bahan baku yang akan dicacah sudah terbebas dari bahan atau benda – benda keras/padat karena hal ini bisa berdampak fatal bagi komponen mesin pencacah kompos.
  2. Siapkan tempat atau wadah penampung hasil cacahan di corong keluaran mesin pencacah kompos.
  3. Hidupkan mesin pencacah kompos. Biasanya mesin pencacah kompos ada yang menggunakan mesin berpenggerak listrik dan mesin berpenggerak diesel.
  4. Masukkan bahan baku kompos yang mau dicacah kedalam corong masukan secara bertahap. Sekali lagi, pastikan tidak ada benda keras atau padat yang ikut masuk ke dalam corong masukan.
  5. Jika proses pencacahan bahan baku kompos telah selesai, pastikan untuk segera untuk matikan mesin.

Demikian penjelasan cara menggunakan mesin pencacah kompos. Pastikan anda menggunakan mesin sesuai prosedur yang sudah ditentukan oleh produsen mesin. Informasi lengkap mengenai mesin pengolah sampah lainnya, silahkan hubungi aneka mesin.