Seputar Sampah

Viral #trashtag di Instagram, Aksi Netizen Berburu Sampah

Viral yang satu ini boleh banget ditiru. Kemajuan media sosial saat ini juga bikin sejumlah orang menularkan hal baik dengan cepat. Melansir CNN World+, Rabu (13/3/2019), inilah #trashtag. Adalah virus tantangan bagi netizen melakukan aksi berburu sampah.

Akhir pekan ini, tantangan #trashtag menginspirasi orang untuk pergi ke lokasi yang penuh sampah berserakan, mengambilnya. Lalu, mereka memposting foto sebelum dan sesudah di media sosial. Sejauh ini ada lebih dari 27.000 unggahan di Instagram. Dan, banyak pula sukarelawan telah membersihkan taman, jalan dan pantai di seluruh dunia.

Di Instagram ada unggahan yang mengambil tutup botol, sedotan dan balon dari sebuah pantai di California. Lainnya ada yang mengumpulkan plastik yang dibuang sembarangan oleh penduduk Junagadh, India.

 

Tantangan #trashtag menjadi populer setelah unggahan Reddit yang menantang individu, yakni membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ide itu dimulai pada tahun 2015 ketika brand out door UCO meluncurkan proyek #TrashTag.

“Saya dan seorang teman saya sedang dalam perjalanan darat di California. Melihat keluar, kami merasa tidak enak karena lokasi yang sangat cantik ada sampah dan kami memutuskan untuk mengambilnya, setidaknya ada 100 lembar sampah kuitansi” kenang Steven Reinhold, seorang duta UCO saat itu.

Tantangan #trashtag telah meningkatkan kesadaran tentang polusi sampah dan jumlah plastik di laut. Lebih dari 150 juta ton plastik ada di lautan kita, menurut sebuah makalah Forum Ekonomi Dunia dari tahun 2016.

Dan, sebuah laporan dari pemerintah Inggris tahun 2018 memperingatkan bahwa jumlah sampah plastik yang mencemari lautan dunia diperkirakan akan berlipat tiga kalinya antara tahun 2015 dan 2025.

Seperti Ice Bucket Challenge yang mengumpulkanUSD 115 juta untuk AsosiasiALS, #trashtag pun bisa bertindak sedemikian rupa. Itu menjadi tantangan langka di media sosial yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

SUMBER